Kamis, 05 Juli 2012

0
Pesona Indonesia Menurut Buku Untuk Kamu part 1

Menurut Buku Untuk Kamu , Indonesia Mempunyai beberapa aspek yang di Andalkan dalam Kehidupan antara lain :
1. Alam Pegunungan yang ada di Indonesia

Alam pegunungan merupakan sebuah objek yang menonjolkan warna hijau. Banyak kehidupaan yang ada di alam pegunungan . Mungkin lebih dari 100 spesies jenis hewan maupun tumbuhan yang ada di Indonesia . Wah pastinya seru ya ke sana . pasti kamu ingin kesana







2. Alam Lautan yang ada Indonesia

Nah pasti kalian sering mendengar lautan, malah rumahnya deket laut. Kamu tau ngak laut apa yang paling dalam atau laut apa yang paling dangkal di indonesia :
a. Laut Sunda

Laut sunda mempunya luas sekitar 310.000 km persegi dengan berbatasan dengan Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi

b. Laut Bali
Laut Bali mempunyai luas sekitar 45.000 km persegi dengan kedalaman sekitar1.590 meter

c. Laut Banda
Merupakan bagian dari perairan Nusantara yang dibagian sebelah utara terdapat pulau-pulau Buru, Sula, Ambon, dan Seram. Dibagian selatan terdapat pulau Wetar, Babar, Alor, Timor, Tanimbar. Dibagian Timur pulau Aru dan Barat Pulau Wakatobi.
Luas Laut ini sekitar 470.000 Km2 dengan bagian yang terdalam mencapai 5800 Meter.

d. Laut Flores
Berada disebelah utara berbatasan dengan Sulawesi, disebelah selatan dengan Nusa Tenggara. Luas Laut ini sekiitar 240.000Km2.  Dengan bagian terdalam mencapai 5140 meter.

e. Laut Sawu
Dibagian Utaranya terdapat Pulau Flores, Solor, Loblen, Pantar dan Alor, sedangkan dibagian selatannya terdapat pulau Sumba, roti, Sawi, dan Timor. Luas laut ini sekitar 105.000 Km persegi, titik terdalam laut ini terletak disebelah selatan pulau Pantar 3470 meter.
Dinamakan Laut Sawu karena berbatasan dengan Pulau Sawu. 

f. Laut Sulawesi
Laut ini membentang sepanjang 675 Km (Utara s/d Selatan) dan 837 Km (Timur s/d Barat) dengan luas permukaan air mencapai 280 ribu Km persegi. Lebih dari separuh luasnyam laut ini mempunyai kedalaman melebihi 4000 meter dengan bagian terdalam 6220 meter. Laut ini berhubungan denggan Selat Makassar.

g. Laut Arafuru
Luas laut arafura sekitar 650,000 Km persegi. Laut ini membentang ke arah timur mencangkup Wilayah Australia Utara dan Selatan Papua Nugini. Laut ini tergolong dangkal dengan kedalaman rata-rata antara 50 hingga 80 meter. Bagian terdalam 3660 meter dekat pulau Aru.

0 komentar: